Cara Memaksimalkan Bandwidth Internet pada Windows

|
Cara Memaksimalkan Bandwidth Internet pada Windows
Yang dikutip dari Wikipedia, pengertian Bandwidth (lebar pita) adalah suatu penghitungan konsumsi data yang tersedia pada suatu telekomunikasi. Dihitung dalam satuan bits per seconds (bit per detik/bps). Perhatikan bahwa bandwith yang tertera komunikasi nirkabel, modem transmisi data, komunikasi digital, elektronik, dll, adalah bandwidth yang mengacu pada sinyal analog yang diukur dalam satuan hertz (makna asli dari istilah tersebut) yang lebih tepat ditulis bitrate daripada bits per second.

Kalau menurut saya pribadi, Bandwith adalah maksimum dari kecepatan Internet, contohnya pada paket Telkom Speedy up to 1 Mbps (100 KBps), jadi maksimum kecepatan data saat anda mendownload ataupun upload adalah 100 KBps tersebut. Itu menurut pengertian dari saya, kalau salah mohon di maafkan (Namanya juga manusia).

Kadang saya kita melakukan proses download, biasanya kecepatan yang dirasakan tidak terlalu maksimum, khususnya pada Windows. Hal tersebut, karena adanya proses latar belakang yang aktif dan tanpa anda ketahui melakukan proses download dan memakan akses data anda sehingga Bandwith terbagi sebagian untuk proses tersebut, contoh Proses Windows Update. Sehingga kecepatan Akses Internet anda menjadi terbagi !

Berikut adalah cara untuk mengatasi agar Bandwith anda tidak terbagi untuk proses-proses aktif di latar belakang pada system Windows (Memaksimalkan Bandwith Internet).

Buka aplikasi Run (Tekan Logo Windows + R) atau search Program and files, dan Ketikan : gpedit.msc dan pilih Ok, seperti gambar berikut :

Dan akan muncul Jendela Local Group Policy Editor. Pada Computer Configuration, Expand Administrative Templates, Network, Qos Packet Scheduler dan Pada Tab sebelah kanan Pilih Limit Reservable Bandwidth.
Ikuti seperti gambar berikut :



Ubah Konfigurasinya menjadi Disabled, kemudian pilih OK


 Tutup Jendela Local Group Policy Editor, dan restrart Komputer anda. Dan rasakan perbedaan Kecepatan akses Internet pada saat anda melakukan Download. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment